Seputar Karawaci

Dalih Ditlantas Tilang Manual Untuk Edukasi

WhatsApp Image 2023 06 12 at 11.50.51 AM Dalih Ditlantas Tilang Manual Untuk Edukasi
FOTO: IST CEK DOKUMEN: Dua petugas Kepolisian menindak pengendara motor yang melanggar aturan.
71views

Voksil, com, JAKARTA –Ditlantas Polda Metro Jaya mengklaim, pemberlakuan kembali tilang manual bertujuan untuk mengedukasi pengendara agar lebih taat aturan. Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman. ’’Sekali lagi saya ingatkan, bukan untuk kami banyak-banyak menilang. Tapi, sebetulnya memberikan edukasi kepada masyarakat,’’ katanya Minggu kepada awak media (11/6/2023).

 

Latif mengatakan, dengan berlakunya kembali tilang manual oleh petugas di lapangan, masyarakat, khususnya pengendara, seharusnya lebih berhati-hati dan semakin menaati aturan di jalan raya. ’’Sekarang di seluruh ruas jalan ini sudah ada petugas. Yang pasti, apabila melihat pelanggaran, pasti akan dilakukan penindakan,’’ lanjut perwira dengan tiga melati di pundak itu.

 

Latif mengatakan, penindakan yang dilakukan jajarannya tidak selalu berupa tilang. Sebab, penerapan sanksi memiliki tahapan. Pada prinsipnya, yang disebut sebagai penindakan adalah semua bentuk kegiatan kepolisian yang mengingatkan pelanggar. Mulai teguran hingga yang terberat adalah tilang. ’’Ini perlu dipahami sehingga masyarakat betul jangan takut ada polisi. Justru, polisi akan membantu rekan-rekan,’’ lanjutnya.

 

Dia meyakinkan bahwa tindakan kepolisian tidak bertujuan menyulitkan para pengguna jalan. Tetapi mengingatkan agar selalu menjaga keselamatan saat berkendara.

Latif menambahkan, walaupun tilang manual kembali diberlakukan, pihaknya tetap terus mengembangkan sistem tilang elektronik atau e-TLE statis dan mobile di Jakarta. ’’Tilang (manual) ini untuk mengimbangi saja. Tetapi, yang akan kami kembangkan terus adalah e-TLE mobile maupun e-TLE statis,’’ imbuhnya. (ipc/mmr)

Leave a Response