Pendidikan

Guru dan Siswa MAN IC Batam Juara I Lomba APBN Kemenkeu 2022

Lomba APBN
59views

voksil.com – Guru dan siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menjadi yang terbaik pada lomba APBN yang digelar Kementerian Keuangan untuk tahun 2022. Mereka menjadi pemenang pada kategorinya masing-masing.

Guru MAN IC Batam, Jupri Marsal, menag di Lomba Video Mengajar APBN 2022. Ia meraih juara I setelah menyisihkan hampir 300 peserta dari seluruh Indonesia. Atas keberhasilannya, guru yang akrab dipanggil Juju itu mendapat hadiah lima juta rupiah.

Jupri Marsal yang juga guru Ekonomi di MAN IC Batam tersebut menjadi satu-satunya wakil Madrasah di babak final (10 besar) yang diundang mengikuti rangkaian kegiatan yang dipusatkan di Pusdiklat Anggaran dan Pembendaharaan di Bogor, 5 – 9 November 2022.

Lomba Video Mengajar APBN merupakan ajang adu kreativitas khusus bagi guru Indonesia untuk membuat konten tentang APBN dalam bentuk video yang kemudian diunggah pada kanal youtube.

Sementara di kategori peserta didik, tiga siswa MAN IC Batam menjadi yang terbaik di Babak Olimpiade APBN 2022 Tingkat Nasional. Mereka adalah Andi Muhammad Ryan Maulana, Akbar Putra Nurisnandar dan Muhammad Rayyan Akhsan. Ketiganya tergabung dalam Tim Cerebrum.

Final Olimpiade APBN berlangsung Kamis, 10 November 2022, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI. Even ini dihadiri dan dibuka oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Ada empat tim terbaik hasil seleksi regional yang bertanding di babak final Olimpiade APBN 2022. Keempatnya adalah tim dari MAN Insan Cendekia Kota Batam (Regional 1 Pulau Sumatera), SMA Pradita Dirgantara (Regional 2 Pulau Jawa), SMAN 1 Tabanan (Regional 3 Kalimantan dan Bali), dan SMAN Model Terpadu Madani (Regional 4 Sulawesi dan Papua).

Pada babak final, siswa harus menjawab soal yang terbagi dalam lima babak, yaitu: budjet analisis, soal cerdas cermat, sola salah atau benar, soal tematik, dan terakhir soal rebutan.

Keluar sebagai juara pertama MAN Insan Cendekia Kota Batam dengan skor akhir: 432 poin, disusul SMA Pradita Dirgantara di peringkat kedua dengan skor: 342,83 poin, SMAN Model Terpadu Madani di urutan ketiga dengan 319,83 poin dan posisi keempat SMAN 1 Tabanan dengan 240,67 poin.

Atas prestasi tersebut, siswa MAN IC Batam berhak mendapat hadiah uang pembinaan senilai 24 juta rupiah. Hasil ini juga menjadi catatan apik bagi MAN IC Batam. Tahun lalu, madrasah ini meraih juara II.

Olimpiade APBN  merupakan kompetisi berskala nasional untuk pelajar dari SMA/MA/SMK/Sederajat atau Program Paket C yang ada di Indonesia. Olimpiade APBN 2022 menekankan pada pemahaman siswa tentang pengelolaan keuangan negara, siklus APBN, komponen APBN, Nota Keuangan, Pagu dan DIPA, Barang Milik Negara, Badan Layanan Umum, Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah, Monitoring dan Evaluasi Anggaran.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani dalam sambutannya mengapreasiasi dan mengucapkan selamat kepada seluruh finalis.  Diakuinya, jumlah peserta Olimpiade APBN tahun ini mengalami peningkatan dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini, kegiatan tersebut diikuti oleh 3.987 Tim yang terverifikasi dari total pendaftar sebanyak 4.177 Tim, diantaranya terdapat lima tim yang berada di luar negeri. Jumlah ini naik dari tahun 2021 yang diikuti oleh 2072 Tim.

“Ini kenaikan yang luar biasa, minat dari generasi terutama anak-anak SMA untuk ikut Olimpiade APBN,” tandas Menkeu di Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala MAN IC Batam, Aliyah bersyukur dan bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh guru dan siswanya tersebut. “Selamat dan sukses kepada Ananda Andi, Rayyan, dan Akbar atas prestasi yang luar biasa meraih juara 1 lomba Olimpide APBN 2022 yang diselenggarakan oleh Kemenkeu. Selamat juga kepada Ustad Jupri Marsal, atas Juara 1 Lomba Guru  Mengajar APBN yang sekaligus pembimbing Ananda bersama Ustadzah Rena Cahyati, ” katanya.

“Suatu kebanggaan bagi keluarga besar MAN Insan Cendekia Kota Batam, di akhir tahun 2022 mendapat dua prestasi yang diraih guru dan siswa. Ini  merupakan bentuk kolaborasi yang unggul untuk menggolkan juara 1 di Olimpiade APBN tahun 2022. Ini menjadi bukti sejarah bagi MAN IC Batam, sama-sama juara guru dan siswanya. Terima kasih kepada ustad dan ustadzah, orang tua, komite serta seluruh peserta didik MAN Insan Cendekia Kota  Batam atas support dan doanya sehingga prestasi ini dapat diraih,” sambung Aliyah.

Menurut Aliyah, Olimpide APBN ini merupakan ajang prestasi yang ditunggu-tunggu oleh seluruh pelajar tingkat SMA/MA/SMK di seluruh tanah air. Sebab, selain hadiahnya besar, olimpiade ini dapat mengenalkan komponen keuangan negara, mengasah kemampuan pengelolaan keuangan negara, sekaligus mengedukasi generasi muda tentang APBN.

“Berjuanglah tanpa batas, karena perjuangan sejati tidak pernah mengenal batas,” tandasnya.

Sementara itu, Jupri Marsal mengaku bersyukur atas apa yang diperoleh. Menurutnya, keberhasilan ini berkat kerja keras, usaha dan doa serta dorongan semua pihak.

“Kami berharap prestasi ini bisa dipertahankan di tahun mendatang. Dan yang terpenting menurutnya, guru dan siswa harus memiliki komitmen untuk memberikan prestasi terbaik bagi madrasah. Ia pun mengajak siswa MAN IC Batam untuk ikut kegiatan klub sains Ekonomi karena banyak kegiatan lomba dan hadiahnya yang sangat menarik,” tuturnya.

Leave a Response