Sekolahku

MAHASISWA PNL MAGANG VR DI INGGRIS

MAHASISWA
383views

vokasi.com – Muhammad Fajar Alfath, mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) yang lolos dalam mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards Edisi Vokasi (IISMAVO), berkesempatan mengikuti program magang di Unipart Logistic selama 4 bulan yang ditawarkan oleh Coventry University, Inggris. Dalam mengikuti program tersebut, Alfath berfokus pada virtual reality (VR) training yang didampingi oleh Benny Tjahjono yang tidak lain adalah Professor of Sustainability and Supply Chain Management, Centre for Business ini Society (CBiS).

Sebagai informasi, CBiS merupakan salah satu pusat penelitian unggulan di Coventry yang memiliki jejaring industri dengan cakupan yang luas sehingga memungkinkan mahasiswa Indonesia memperoleh kesempatan magang dan mengasah kompetensi langsung di dunia industri yang berkualitas.

download 2 MAHASISWA PNL MAGANG VR DI INGGRIS

Manager Alfath dalam program magang ini, Steve Godee, mengatakan bahwa pelatihan pekerjaan menggunakan medium VR tersebut dilakukan guna meningkatkan efisiensi pelatihan kepada calon pekerja dalam jumlah banyak secara simultan. Tidak hanya itu, Steve juga menuturkan sebagaimana Jaguar Land Rover yang menggandeng Unipart Logistic dalam menyediakan suku cadang membuatnya mulai menggunakan VR untuk meningkatkan kapasitas SDM berkualitas guna memenuhi kebutuhan industri.

“Penggunaan VR akan mengubah cara kami di Unipart maupun Jaguar Land Rover dalam melatih pekerja kami ke standar yang lebih tinggi dalam lingkungan yang aman dan mendalam,” tutur Steve.

Sementara itu, Alfath menyampaikan dirinya harus melakukan riset terhadap kebutuhan hardware, security, dan healty measures dari peranti VR. Tidak hanya itu, mulai dari gambar, dimensi, video, hingga prosedur dari gameplay juga perlu disiapkannya. “Dalam hal ini, kami membantu Unipart Logistic sebagai quality assurance dalam mengembangkan VR training gameplay. Ini dilakukan guna memastikan kualitas serta keamanan gameplay agar lebih baik secara konvensional,” jelasnya.

Melalui hal itu, Alfath pun berterima kasih atas program IISMA Edisi Vokasi yang diusung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, yang membuatnya dapat meningkatkan keterampilan dan mengasah kompetensi di industri bertaraf global.

“Kami mahasiswa Indonesia berterima kasih kepada IISMAVO dan Coventry University yang telah memberikan kesempatan dan pengalaman yang sungguh luar biasa,” imbuh Alfath.

Pada kesempatan yang sama, Alfath juga memperoleh kesempatan untuk mengunjungi 7 perusahaan ternama di Inggris, yakni Morgan Cars, Mini, Jaguar Land Rover, Brompton, JCB, Triumph, serta Manchester City Football Club untuk melihat secara langsung mengenai proses industri berkompetisi secara komersial.

Alfath hanyalah salah satu dari sekian banyak mahasiswa dari perguruan tinggi penyelanggara pendidikan vokasi yang turut berbangga dalam mengikuti program IISMAVO. Menarik, bukan? Yuk, siapkan dirimu untuk mengikuti program IISMAVO selanjutnya! .

Leave a Response