Berita KiniPendidikanSeputar Karawaci

Wali Kota Gratiskan 146 SD dan SMP Swasta

WhatsApp Image 2023 06 07 at 2.04.02 PM Wali Kota Gratiskan 146 SD dan SMP Swasta
ILUSTRASI/IST HAK PENDIDIKAN: Aktivitas siswa di UPTD SMKN 3 Tangerang, Banten.
94views

Voksil.com, KOTA TANGERANG – Orang tua murid tak akan resah lagi jika anaknya gagal masuk SD dan SMP negeri. Sebab, menjelang penerimaan peserta didik baru (PPDB), Pemkot Tangerang menghadirkan program pendidikan sekolah swasta gratis. Biaya sekolah di 146 SD dan SMP swasta digratiskan.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan, pendidikan gratis itu sudah diterapkan di 146 sekolah swasta di Kota Tangerang. Perinciannya, 73 SD dan 73 SMP di 13 kecamatan.

’’Dengan menggratiskan 146 sekolah swasta seperti negeri, kami berharap masyarakat memiliki banyak pilihan dalam melanjutkan pendidikan. Sebab, tidak boleh ada anak yang putus sekolah di Kota Tangerang,’’ tegas Arief pada Selasa (6/6/2023).

Arief menuturkan, fasilitas pendidikan di Kota Tangerang tersaji untuk semua pihak dan kalangan. Semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk mengemban pendidikan di mana pun, baik negeri maupun swasta.

’’Lewat pendidikan gratis ini, orang tua diharapkan memiliki pilihan yang lebih banyak untuk menyekolahkan anaknya. Semua punya kesempatan yang sama. Tak perlu khawatir dan jangan ragu untuk manfaatkan program ini,’’ tambah Arief.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengungkapkan, program sekolah gratis itu diluncurkan agar anak-anak yang tidak diterima di sekolah negeri karena kuota atau zonasi tetap bisa bersekolah di sekolah swasta tanpa perlu memikirkan biaya. Selama ini sekolah swasta dikenal mahal.

’’Persoalan inilah yang diselesaikan atau dijawab dengan program nyata yang diberikan Pemerintah Kota Tangerang. Dengan ini, tidak perlu lagi panik atau gelisah karena solusi pastinya sudah ada,’’ terang Jamaluddin.

Dia memastikan, sekolah swasta yang digratiskan juga memiliki akreditasi dan mempunyai fasilitas yang tidak kalah baik dengan sekolah negeri. Jadi, masyarakat tidak perlu ragu.

’’Intinya, bagi para orang tua murid, jangan panik apabila anak tidak diterima di sekolah negeri. Sebab, kami sudah menyiapkan 73 SD dan 73 SMP swasta secara gratis. Fasilitas dan kualitasnya sama baiknya dengan sekolah negeri. Jadi, anak-anak tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas,’’ ujarnya.

Jamaluddin menjelaskan, program tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Wali Kota Tangerang Nomor 91 Tahun 2022. Program itu dihadirkan sebagai alternatif karena keterbatasan kuota sekolah negeri, terutama setelah penerapan sistem zonasi.

Program itu ada sejak 2021 dan semakin disempurnakan tahun ini. ’’Jika sebelumnya hanya mendapatkan bantuan uang pangkal Rp 1 juta, kini tidak hanya itu, tetapi meliputi biaya pendaftaran masuk sekolah, biaya daftar ulang sekolah, biaya iuran bulanan (SPP), biaya ulangan harian, biaya ujian, biaya praktik, biaya kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, biaya buku pelajaran, biaya mengikuti lomba-lomba, dan sebagainya,’’ paparnya. (rik/mmr)

Leave a Response