Berita Kini

23 Perguruan Tinggi Swasta Resmi Ditutup

WhatsApp Image 2023 06 06 at 10.42.20 PM 23 Perguruan Tinggi Swasta Resmi Ditutup
ILUSTRASI: IST TINDAKAN TEGAS: Menteri Kemendikbudristek dalam satu kesempatan.
57views

Voksil.com, JAKARTA- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KemendikbudRistek) menutup 23 perguruan tinggi swasta (PTS) yang bermasalah. Dari puluhan kampus tersebut, banyak yang lokasinya berada di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Sisanya terbagi menjadi di banyak wilayah lainnya di Indonesia.

Melansir berbagai sumber, Kemendikbudristek tidak mengumumkan nama-nama PTS yang ditutup karena khawatir akan merusak citra mahasiswa dan lulusan PTS tersebut. PTS-PTS yang ditutup itu terbukti melakukan berbagai pelanggaran serius, seperti menjual ijazah tanpa proses belajar mengajar yang memadai, hingga menyalahgunakan program KIP Kuliah.

Adapun 23 PTS yang ditutup merupakan hasil dari 52 laporan masyarakat tentang PTS yang bermasalah. Kemendikbudristek berjanji akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap seluruh PTS di Indonesia untuk menjaga mutu pendidikan dan melindungi hak-hak mahasiswa.

Mahasiswa yang sudah terdaftar di PTS yang ditutup akan dibantu untuk pindah ke PTS lain, asalkan ada bukti hasil belajar yang bisa diakui oleh PTS baru. Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Lukman mengungkapkan, empat alasan pencabutan izin operasional perguruan tinggi.

Salah satunya, ada kisruh internal di perguruan tinggi. Menurut Lukman, pertikaian kadang terjadi di antara pengelola perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh keluarga atau kelompok. Konflik itu dapat mengganggu penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi yang bersangkutan. ”Dari kisruh itu tak jarang terjadi kampus ditutup dan lain sebagainya,” kata Lukman dilansir dari Antara. (lt6/mmr)

Leave a Response