Berita Kini

Gelontorkan Rp. 10 T Untuk KIP Kuliah Merdeka

Kartu Indonesia Pintar (KIP)
BANTUAN PENDIDIKAN: Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka.
65views

voksil.comJakarta. Kabar gembira bagi peserta Kuliah Merdeka. Tahun ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengalokasikan anggaran Rp 10 triliun untuk pembiayaan KIP Kuliah Merdeka pada sebanyak 780.014 mahasiswa. Anggaran itu termasuk Rp1,75 triliun bagi 185.475 mahasiswa baru Tahun 2022.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan, KIP Kuliah Merdeka sebagai wujud komitmen Kemendikbudristek dalam memberikan akses pendidikan tinggi yang merata, berkualitas, dan berkesinambungan. Pendidikan tinggi berpotensi memberikan dampak positif tercepat dalam pembangunan SDM unggul sesuai visi Presiden Joko Widodo.

”Ini jadi kebijakan yang akan mewujudkan bukan hanya keadilan sosial. Namun, mobilitas sosial yang lebih tinggi sehingga anak yang berprestasi tapi kurang mampu bisa mencapai mimpi setinggi-tingginya,” kata Nadiem dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode Kesembilan “KIP Kuliah Merdeka”.

Presiden RI Joko Widodo saat membuka rapat terbatas mengenai program pendidikan dan beasiswa di Istana Negara pada November tahun 2019 mengatakan, pemerintah tidak ingin ada anak-anak di Indonesia yang tidak bisa kuliah hanya karena terkendala urusan biaya.

Kemendikbudristek mengubah skema KIP Kuliah dengan memberikan bantuan biaya pendidikan (uang kuliah) dan biaya hidup yang jauh lebih tinggi. Pada skema KIP Kuliah Merdeka, mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka akan memperoleh biaya hidup yang besarannya disesuaikan dengan indeks harga daerah di mana kampus pilihan berada berdasarkan kluster yang sudah ditetapkan pemerintah.

Sedangkan biaya pendidikan, besarannya disesuaikan dengan status akreditasi program studi dengan mengacu pada rata-rata biaya studi yang ditetapkan bagi mahasiswa non penerima KIP Kuliah. (jpc/mmr)

Leave a Response