Pendidikan

IISMA Lepas Kloter Akhir ke AS dan Kloter II ke Belanda

IISMA
79views

voksil.com – Jakarta.  Kloter terakhir penerima beasiswa program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk Amerika Serikat telah diberangkatkan pada Sabtu (3/9). Terdapat 20 mahasiswa yang dilepas ke Boston University Metropolitan College. Acara pelepasan tersebut dihadiri oleh ketua dan wakil ketua program IISMA, Pelaksana tugas (Plt.) Konsul Jenderal dan Konsul Penerangan Sosial Budaya, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York, perwakilan perguruan tinggi dalam negeri, dan orang tua mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rachmat Sriwijaya, selaku Ketua Program IISMA, mengapresiasi KJRI New York karena telah membantu menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi di bawah wilayah kerjanya sehingga wilayah kerja KJRI New York menjadi penyumbang perguruan tinggi terbanyak dalam program IISMA tahun ini. Selain itu, perwakilan perguruan tinggi dalam negeri, I Made Andi Arsana, dari Universitas Gadjah Mada, menitipkan para mahasiswa ini kepada KJRI New York setibanya mereka di perguruan tinggi penerima.

Berikutnya, Pelaksana tugas (Plt.) KJRI New York, Herbanyu A. Noerlambang, berpesan kepada mahasiswa untuk melakukan lapor diri setelah mereka sampai di perguruan tinggi penerima. “Pihak KJRI siap menerima para mahasiswa dengan baik dan terbuka untuk membantu jika ada yang menghadapi masalah saat tinggal di dalam wilayah kerja kami,” ucap Herbanyu (3/9).

Para orang tua mahasiswa merasa bangga walaupun tidak dapat dipungkiri mereka juga merasa khawatir karena harus berpisah dengan anak-anak mereka dalam waktu yang cukup lama. “Meskipun ada kekhawatiran, kami yakin bahwa program IISMA yang diikuti anak-anak kami akan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana berkat dukungan dari berbagai pihak seperti KJRI, perwakilan perguruan tinggi, dan tim IISMA,” ungkap Erie Hartono, selaku perwakilan orang tua.

Sebelumnya pada Jumat (2/9), IISMA juga mengirimkan sembilan mahasiswa Indonesia ke University of Groningen, Belanda. Ini merupakan pelepasan kedua untuk perguruan tinggi tersebut, setelah sebelumnya program unggulan Kampus Merdeka ini memberangkatkan 11 mahasiswa.

Acara pelepasan merupakan seremoni rutin yang dilaksanakan oleh IISMA dengan tujuan memberikan pengarahan terakhir kepada mahasiswa sebelum pergi menuju universitas tujuan di luar negeri. Mahasiswa diharapkan mampu menerima materi dan pesan yang disampaikan dengan baik.

Masing-masing perwakilan mahasiswa di acara pelepasan tersebut mengucapkan terima kasih dan memohon doa restu. Seperti yang dikatakan oleh Errena Gina Wahyuni yang akan belajar di University of Groningen, “sungguh sangat besar kesempatan yang telah kami terima. Tentu saja tidak akan terwujud tanpa doa orang tua dan kepercayaan dari IISMA,” tuturnya.

Leave a Response