Pendidikan

Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja Bersama Rumah Belajar AAPS

Rumah Belajar
78views

voksil.com – Proses pembelajaran saat ini mengalami masa peralihan dari pembelajaran yang berpusat pada pendidik menjadi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Akan tetapi saat pandemi melanda Indonesia pertengahan maret 2020 tahun lalu menjadikan pembelajaran tatap muka menjadi terhenti sehingga peserta didik harus belajar dari rumah hingga awal ajaran tahun baru di bulan September 2021 pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah diperbolehkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Perkembangan pembelajaran di abad 21 yang sangat pesat ini menuntut beberapa hal yang harus dipahami oleh peserta didik yakni mencakup 4C (critical, creative, communicative, collaboration). Pembelajaran yang mencakupi 4C menuntut peserta didik untuk dapat berpikir secara HOTS (Higher Order Thinking Skills).Berdasarkan perkembangan tersebut menuntut pendidik untuk mampu memanfaatkan dan menerapkan pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk mengatasi kendala pada proses pembelajaran.
Di era industri 4.0 saat ini menuntut digitalisasi dalam sektor pendidikan. Salah satu aplikasi dari pusdatin kemendikbudristek yang menerapkan ini adalah Portal Rumah Belajar. Portal Rumah Belajar ini memiliki ribuan konten yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik dari tingkat PAUD sampai dengan SMA/SMK/Sederajat dalam pembelajaran pada masa pandemi baik secara daring maupun luring.

Apa Itu Portal Rumah Belajar?

Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Jelajahi apa yang bisa kamu lakukan di Rumah Belajar, Fitur Utama :

Kelas Maya

Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

Sumber belajar

Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk audio, video, dan laman interaktif.

Bank Soal

Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

Laboratorium Maya

Fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.

 

Leave a Response