Pendidikan

Kembangkan Vokasi di Institusi Pendidikan Berbasis Agama

Vokasi
89views

VOKSIL.COM, JAKARTA-Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama Muhammad Ali Ramdhani mengungkapkan, angka pengangguran tertinggi berasal dari lulusan sekolah menengah. Salah satu solusinya, kata Ali, pengembangan vokasi atau kejuruan harus menyentuh institusi berbasis agama.

”Kami merasa bahwa pengembangan vokasi harus menyentuh institusi pendidikan berbasis agama yang jumlahnya banyak dan mencetak tenaga kerja dalam jumlah besar setiap tahunnya,” ujar Ali dalam sebuah acara daring di Jakarta pada Rabu (12/10/2022).

Ali menilai, fenomena angka pengangguran tersebut dia peroleh dari survei angkatan kerja nasional 2021 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik. Persentasenya 9,72 persen dari jumlah total lulusan setiap tahun.

Dikatakan Ali bahwa sejak 2018 Kementerian Agama telah mendirikan dua madrasah aliyah negeri di Ende, Nusa Tenggara Timur dan Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Selain itu, pihaknya juga telah mengembangkan program keterampilan di 153 madrasah aliyah di seluruh Indonesia.

Namun, di samping itu semua, Ali menilai bahwa mutu penyelenggaraan program pendidikan vokasi masih perlu diasah dan ditingkatkan, menyesuaikan dengan keterampilan yang dicari di era industri digital saat ini. (dan/mmr)

Leave a Response