Berita KiniPendidikan

Kemendikbudristek Minta Maaf Batal Angkat 3.043 PPPK Guru

WhatsApp Image 2023 03 07 at 16.01.24 Kemendikbudristek Minta Maaf Batal Angkat 3.043 PPPK Guru
FOTO ILUSTRASI: myedu.id BATAL DIANGKAT: Sebanyak 3.043 pelamar Prioritas 1 (P1) batak diangkat menjadi PPPK guru.
69views

JAKARTA,voksil.com-Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan surat berbuka pada Senin, 6 Maret 2023. Isinya menjelaskan adanya perubahan status sebanyak 3.043 pelamar Prioritas 1 (P1) dari mendapatkan penempatan menjadi tidak mendapat penempatan.

Dengan keputusan tersebut, secara langsung Direktur Jenderal Guru Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dirjen GTK Kemendikbudristek) Nunuk Suryani meminta maaf.

Akibat keputusan yang disampaikan yakni setidaknya sebanyak 3.043 guru P1 gagal diangkat PPPK tahun 2023 ini dikarenakan penempatan mereka dibatalkan. Keputusan pembatalan penempatan formasi untuk P1 tersebut diambil setelah Kemendikbudristek melaksanakan verifikasi dan validasi kembali atas data dari para peserta P1.

Oleh sebab itu, Nunuk mengatakan bahwa setelah adanya sanggahan dari para peserta P1, Kemendikbudristek selanjutnya menganalisis kembali data P1 yang sudah diumumkan sebelumnya. ”Tercatat sebanyak 3.043 guru lulus passing grade yang menjadi P1 dibatalkan penempatannya. Itu berarti mereka tidak bisa diangkat PPPK guru tahun ini,” kata Nunuk dikutip dari jpnn.com.

Nunuk juga menjelaskan untuk P1 yang gagal diangkat tahun ini masih memiliki peluang yang besar untuk ikut seleksi PPPK 2023. Dia dengan tegas sudah memastikan pelaksanaan tesnya tidak lama lagi akan digelar dan jadwalnya ada di panitia seleksi nasional (Panselnas). ”Sebanyak 3.043 yang dibatalkan penempatannya bisa ikut seleksi PPPK 2023 yang sebentar lagi digelar,” ujar Nunuk. (jpnn/mmr)

Leave a Response