Pendidikan

Lima Tip Tentukan Jurusan Kuliah Mu

TENTUKAN KULIAH: Berada di jenjang SMA merupakan fase bimbang untuk menentukan jurusan kuliah.
TENTUKAN KULIAH: Berada di jenjang SMA merupakan fase bimbang untuk menentukan jurusan kuliah.
101views

voksil.comJakarta. Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (BP3 Kemendikbudristek) memberi tip buat kamu yang bimbang memilih jurusan kuliah. Dilansir dari Instagram mereka, setidaknya ada lima hal sebagai berikut, simak ya:

1. Temukan Hal yang Disukai dan Dikuasai Dengan Mudah

Cara mengetahui bakat dan minat yang pertama adalah dengan melakukan observasi setiap hari. Contohnya, di waktu luang kamu sangat menyukai menggambar. Kamu juga dapat menggambar dengan mudah dan hasilnya bagus. Maka kamu mungkin memiliki bakat dan minat sebagai seorang pelukis. 2. Berdiskusi dengan Orang Terdekat.

2. Berdiskusi Dengan Orang Terdekat

Untuk mengetahui bakat dan minat, kamu bisa berdikusi dengan orangtua dan keluarga terdekatmu. Hal ini bisa membantumu menggali bakat terpendam kita sejak kecil. Karena orang terdekat biasanya yang paling mengenal kebiasaan sehari-hari. Kamu dapat bertanya kepada teman terdekat, apa bakat menonjol dari dirimu. Teman terdekat pasti tahu kamu tertarik pada hal apa.

3. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki kemampuan dan perkembangan yang berbeda-beda. Kamu tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu hanya perlu fokus mengembangkan diri sendiri. Jadikan keberhasilan orang lain sebagai motivasi untuk mencapai keberhasilan yang sama.

4. Bergaul dengan Lingkaran Pertemanan yang Positif

Memilih bergaul di lingkungan yang positif dan mampu mendukung kemajuan wajib dilakukan. Kamu tidak perlu ragu meninggalkan lingkungan pergaulan yang memandang rendah dirimu atau membuatmu tergoda melakukan hal-hal yang kurang baik. Seperti bermalas-malasan, boros dan melakukan kegiatan bersifat negatif lainnya. Kamu berhak menjadi pribadi yang lebih bahagia di lingkungan yang bermanfaat pula bagi kamu.

5. Melakukan Asesmen Minat Bakat

Cara terakhir mengetahui bakat dan minat adalah dengan melakukan tes melalui platform website dan aplikasi terpercaya lainnya. Hasil tes tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk mengukur dan melihat potensi dan ketertarikan terhadap suatu bidang. Itulah cara mengetahui bakat dan minat dari BP3 Kemendikbud Ristek. Tips ini sangat membantumu dalam memilih jurusan. Terlebih saat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 siswa kelas 12 diperbolehkan memilih lintas jurusan.

Demikian uraian lima hal tersebut, semoga dapat membantu kamu menentukan pilihan mu. Dan sukses selalu. (IG:BP3 Kemendikbudristek/mmr)

Leave a Response