Seputar Karawaci

Melihat Pameran Ratusan Radio Tabung di Alam Sutera

Pameran
64views

voksil.com – Tangsel. Dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan UMKM di Kota Tangerang, Alam Sutera melalui The Flavor Bliss sebagai salah satu Strategic Business Unit (SBU) menggelar pameran bertajuk “Alam Sutera Audio Fest 2022” yang akan berlangsung di area Broadway, The Flavor Bliss pada tanggal 9-18 Desember 2022.

Pameran yang diselenggarakan di Vintage Vibes – Broadway, The Flavor Bliss ini nantinya diharapkan menjadi destinasi wisata baru, yaitu pusat barang-barang vintage seperti alat elektronik, rumah tangga, sepeda, otomotif, furniture, fashion dan lain lain.

73208c07 6fcf 4b4c a7cc 1b5ad4a630ba Melihat Pameran Ratusan Radio Tabung di Alam Sutera

Pameran ini digelar juga melihat banyaknya penggemar radio vintage di Jabodetabek yang sampai saat ini belum memiliki wadah khusus untuk menunjukkan koleksi terbaik mereka kepada publik.

Lebih dari seratus radio tabung dipamerkan di Alam Sutera Audio Fest 2022 dan beberapa ulasan tentang seluk beluk radio dapat dipelajari disini. Radio-radio yang dipamerkan terdiri atas radio yang diproduksi pada tahun 1930-an hingga 1960-an dari berbagai merek.

8a002847 68bb 48c2 b105 1309794b7b2e Melihat Pameran Ratusan Radio Tabung di Alam Sutera

Sebagian radio ada yang dibuat di Indonesia, namun ada juga yang dibuat di luar negeri seperti dari Belanda, Swedia, Jerman, Inggris dan Hungaria.

Township Director Alam Sutera Group, Sari Setyaningrum menuturkan, peran radio pada masa pergerakan kemerdekaan sangatlah penting, pada masa penjajahan Jepang, Pusat Komando Radio di bawah pengawasan Nippon Hoso Kyokai (NIK) turut menyensor siaran tentang perang dan luar negeri.

Tokoh pemuda Sutan Sjahrir berbekal radio, berhasil menangkap siaran radio yang tidak disensor oleh Jepang sehingga ia mengetahui kabar tentang kekalahan Jepang.

“Sjahrir kemudian menyiarkan kabar tersebut kepada rekan-rekannya dan semenjak itu pergerakan kemerdekaan Indonesia semakin cepat dilakukan,” ujar Sari, Jumat (9/12/2022).

Radio juga berperan penting dan menjadi saksi sejarah dalam berbagai pergolakan politik dan militer di dunia internasional.

Lanjut Sari, berbekal dengan sejarah panjang peran radio di Indonesia maupun dunia internasional, The Flavor Bliss ingin menghadirkan seluk beluk radio tabung kepada masyarakat khususnya generasi muda, agar mereka dapat mengenal sejarah radio di Indonesia dan sekilas radio di dunia internasional sehingga menimbulkan kecintaan mengoleksi radio tabung.

“Acara ini juga dapat menjadi oase bagi para penggemar radio vintage yang ada di wilayah Jabodetabek, karena di sini mereka dapat berkenalan, berbagi informasi dan pengalaman mengenai cerita koleksi radio mereka,” terangnya.

“Ke depan, kami akan mengadakan berbagai pameran barang vintage, sehingga orang akan mengenalnya sebagai salah satu destinasi wisata yang unik,” pungkasnya.

Sementara salah satu peserta pameran yang merupakan kolektor berbagai jenis radio tabung, Sigit Nugroho, begitu antusias menyambut baik Alam Sutera Audio Fest 2022.

“Saya berharap dengan pameran ini, masyarakat terutama generasi muda akan mendapatkan pengetahuan tentang perjalanan radio di dunia, sehingga akan menumbuhkan dan meningkatkan kecintaan pada radio tabung,” ucap Sigit.

Lebih lanjut Sigit mengatakan, pameran ini menjadi langkah awal terbentuknya wadah komunitas radio vintage sejabodetabek yang akan digunakan sebagai forum komunikasi kolektor, penggemar, pemerhati, penggiat, pedagang, teknisi atau siapa pun yang tertarik dengan radio tabung di wilayah Jabodetabek secara berkesinambungan.

Leave a Response