Berita Kini

Peringati Hari Jadi Dengan Seminar, Donor Darah, dan Khotmil Quran

Donor Darah
KONTRIBUSI NYATA: Donor darah menjadi bagian dari sekian banyak agenda dalam memperingati hari jadi ke- 30 Rumah Sakit Qadr, Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten pada Kamis (30/8/2023). (FOTO: AGNES PATRICIA/VOKSIL.COM)
5.3kviews

Voksil.com TANGERANG – Sudah 30 tahun, Rumah Sakit (RS) Qadr, Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten, melayani masyarakat. Perjalanan yang cukup panjang. Prinsip profesionalisme yang dibangun di setiap diri para tenaga medis, membuat  RS Qadr mendapat tempat sendiri di hati  para pasien.

RS Qadr diresmikan pada 31 Agustus 1993 oleh Sujudi, Menteri Kesehatan Indonesia saat itu. Pembangunan rumah sakit Islami ini diprakasai oleh Yunan Helmi Nasution dari Yayasan Islamic Village bersama Rosano Barack dari Bimantara. Mereka membentuk Yayasan Ibadah Amaliyah Bimantara Village untuk menaungi Rumah Sakit Qadr. Kini, namanya telah berubah menjadi Yayasan Islam Ikhlas.

Pada momentum hari jadi ke-30 tahun ini, RS Qadr menyelenggarakan banyak acara untuk merayakannya. Beragam agenda itu sudah berlangsung sepekan. Seperti penyuluhan kesehatan di Puskesmas Bojong Nangka dan Puskesmas Kelapa Dua, serta penyuluhan pasien rawat jalan ‘’Kami sampaikan edukasi tentang pelayanan di Rumah Sakit Qadr, cara pencegahan terhadap penyakit, pencegahan infeksi, dan edukasi gizi, serta tentang penggunaan obat,” ujar Plt Direktur Rumah Sakit Qadr dr. Sulaiman.

Kegiatan lain yang digelar dalam rangka hari jadi adalah seminar. Temanya “1000 Hari Kehidupan Pertama”. Lalu, donor darah yang dibuka untuk umum di RS Qadr. Untuk acara keagamaan, rumah sakit  tersebut menggelar Khotmil Quran oleh anak-anak asrama Islamic Village pada kamis (31/8/2023). “Untuk seminar, kami ingin memberi pemahaman kepada masyarakat selaras dengan program pencegahan stunting,’’ imbuhnya.

Dalam seminar pencegahan program stunting, ada dua dokter yang menjadi pembicara, yaitu dr. Nanang dan dr. Cempaka. Mereka adalah dokter spesialis anak. Dan ada dr. Farida dari spesialis obygn yang membahas perkembangan bayi dari 0 hari hingga 1 tahun. Kegiatan terakhir Khotmil Qur’an  dilanjutkan dengan syukuran. Pada Kamis (30/8/2023) ada donor darah yang sejatinya sudah menjadi agenda rutin setiap tiga bulan sekali. Sementara Khotmil Quran merupakan kegiatan bulanan.” tutur dr. Sulaiman. (zky/rim)

Leave a Response