Berita Kini

Sekarang Beli Solar Subsidi Pakai QR Code

WhatsApp Image 2023 06 09 at 2.24.49 PM Sekarang Beli Solar Subsidi Pakai QR Code
FOTO ILUSTRASI: portal.tanahlautkab.go.id BBM SUBSIDI: Petugas SPBU mengisi solar subsidi untuk nelayan. Pertamina mulai menerapkan pembelian BBM bersubsidi jenis solar.
50views

Voksil.com, JAKARTA-Anda pengguna kendaraan berbahan bakar solar? Wajib tahun informasi ini. Per Kamis (8/6/2023), Pertamina mulai menerapkan pembelian BBM bersubsidi jenis solar dengan menggunakan skema full QR Code. Kebijakan tersebut berlaku di wilayah Jakarta, Bogor, dan Depok.

Alasan Pertamina menerapkan skema tersebut agar distribusi BBM bersubsidi tepat sasaran dan tepat volume. Wilayah yang menerapkan skema wajib QR saat membeli solar yakni Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Kabupaten Bogor, serta Kota Depok.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan, dimulainya skema full QR, maka hanya konsumen yang telah memiliki QR subsidi tepat yang dapat membeli solar di SPBU. Konsumen yang belum terdaftar subsidi tidak dapat dilayani, karena wajib menunjukkan QR Code ketika membeli BBM bersubsidi. ”Konsumen yang sudah terdaftar dan memiliki QR dapat membeli BBM Solar berdasarkan kuota,” ujar Eko dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (8/6/2023).

Eko melanjutkan untuk kendaraan pribadi roda 4 pembelian maksimal 60 liter per hari, angkutan umum orang/barang roda 4 yaitu 80 liter per hari, dan angkutan umum orang/barang roda 6 yaitu 200 liter per hari.  ”Berdasarkan data transaksi pembelian solar subsidi pada periode 13 hari terakhir yaitu tanggal 25 Mei 2023 sampai dengan 6 Juni 2023 untuk wilayah Jabode telah mencapai 90 persen atau 415.881 transaksi,” kata Eko.

Bagi masyarakat yang belum melakukan registrasi Subsidi Tepat, diharapkan dapat segera mendaftarkan kendaraannya,” imbuhnya. Ia menegaskan, kini di seluruh wilayah Regional Jawa Bagian Barat yang terdiri dari Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat sudah menerapkan skema Full QR untuk pembelian solar bersubsidi.  (cnni/mmr)

Leave a Response