Berita KiniSeputar Karawaci

Integrasikan Glodok dan Wisata Kota Tua

WhatsApp Image 2023 06 09 at 2.24.29 PM Integrasikan Glodok dan Wisata Kota Tua
FOTO: IST KAWASAN WISATA: Pekerja memperbaiki pedistrian Jalan Lada, Kota Tua, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.
124views

Voksil.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sedang menata kembali kawasan Pancoran Glodok, Kecamatan Taman Sari. Penataan kawasan itu dilakukan untuk mengintegrasikan kawasan Pancoran Glodok dengan destinasi wisata Kota Tua.

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Barat Indra Patrianto mengatakan, pihaknya telah memiliki konsep penataan kawasan Pancoran Glodok yang berada di dua wilayah. Yakni, Kelurahan Glodok dan Pinangsia. Penataannya dimulai dari gapura chinatown hingga jembatan Kali Blandongan yang diperkirakan sejauh 500 meter.

Untuk langkah awal, Pemkot Jakarta Barat memberikan sosialisasi terkait penataan kawasan tersebut. Setelah itu, sejumlah UKPD terkait akan menjalankan tugasnya. ”Saat ini kami sosialisasikan. Mungkin minggu depan baru pengerjaan fisik oleh teman-teman UKPD. Pengerjaan dilakukan secara bertahap sesuai timeline,’’ ujarnya.

Indra mengungkapkan, penataan kawasan Pancoran Glodok ditargetkan selesai pada akhir 2023. Jadi, kawasan tersebut akan menjadi bagian dari destinasi wisata Kota Tua. ”Konsep penataan dilakukan secara menyeluruh. Pastinya akan sangat berubah. Mungkin perubahannya 90 persen, baik perbaikan (jalur) pedestrian, pencahayaan, termasuk area parkir di Gloria,’’ ungkapnya.

Dia pun berharap Jalan Pancoran yang masuk kawasan pecinan Glodok bisa membuat pengunjung melintas dengan nyaman. ”Dengan ditata, kawasan pecinan Glodok akan terintegrasi dengan kawasan wisata Kota Tua,’’ katanya. (ipc/mmr)

Leave a Response