Tekno

Manfaatkan AI di Dunia Kehumasan

WhatsApp Image 2023 08 07 at 18.33.23 Manfaatkan AI di Dunia Kehumasan
Foto : Kominfo.go.id MEMBANTU : Kecanggihan AI akan memudahkan humas dalam menyebarkan dan menganalisa berbagai informasi
207views

Voksil.com, JAKARTA – Artificial intelligence atau AI sering memudahkan pekerjaan. Kecanggihan teknologi komputer itu mampu menyelesaikan beragam masalah. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi pun mengimbau kehumasan memanfaatkan teknologi tersebut.

Imbauan itu disampaikan saat memberi sambutan Kunci Pembuka dalam Opening Bahasa Indonesia Public Relation Summit 2023 pada Jumat (4/8/2023) lalu. “Peran AI telah digunakan untuk menganalisis data serta mengidentifikasi tren di dunia kehumasan. AI digunakan juga untuk menelusuri dan mengukur dampak program public relations. Otomasi oleh bot dikerahkan sebagai layanan pengguna 24 jam,” ucapnya.

Menurut Menteri Budi Arie, pemanfaatan teknologi AI akan memudahkan praktisi kehumasan meningkatkan komunikasi dengan publik. Bahkan, menurutnya data Chartered Institute of Public Relations 2022 menunjukkan, peluncuran ChatGPT menjadi pencetus pengembangan AI di dunia PR.

“Seperti yang dilakukan Bloomberg News, hampir sepertiga konten dibuat dengan bantuan kecerdasan buatan atau robot reporters, yang kemudian memudahkan jurnalis berfokus pada konten yang didasarkan pada riset, data, serta humanisme yang kuat,” jelas dia.

Menkominfo menilai setiap praktisi PR telah beradaptasi dengan berbagai ruang digital seperti situs web, aplikasi online, YouTube, situs media sosial Facebook dan LinkedIn, Instagram, blog, atau podcast. “Media ini juga memungkinkan transformasi peran PR menjadi tonggak komunikasi melalui kreativitas dan inovasi dalam penyampaian informasi kepada publik,” ujarnya.

Meski begitu, Menteri Budi Arie tetap mengingatkan praktisi kehumasan harus mampu mengendalikan penggunaan teknologi tersebut. Sisi negatif digitalisasi harus dihindari. Utamanya peristiwa akibat disinformasi yang disebarkan melalui media. (kominfo.go.id/rim)

Leave a Response