Kesehatan

Meneladani Hidup Sehat Rasulullah

WhatsApp Image 2023 09 20 at 14.02.09 Meneladani Hidup Sehat Rasulullah
TAMBAH ILMU : Ustadz Saidul Akbar menjelaskan nilai keutamaan perilaku Rasulullah yang membawa manfaat positif bagi kesehatan. (Foto : Agnes Patricia/Voksil.com )
159kviews

Voksil.com – TANGERANG – Masjid Al Istighna di Kawasan Islamic Village, Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten, mengadakan kajian parenting “Membiasakan Hidup Sehat Sejak Dini” pekan lalu (13/9/2023). Pada kajian tersebut, hadir Ustadz Zaidul Akbar yang menjadi narasumber. Ustadz Zaidul Akbar merupakan dokter sekaligus penceramah yang menulis buku ‘’Jurus Sehat Rasulullah’’.
Kajian yang terbuka untuk umum itu, membahas penerapan hidup sehat dalam Islam. Ketua pelaksana kegiatan Euis Mardiana menjelaskan, kegiatan tersebut berlangsung rutin setiap bulan. Pihaknya memilih Ustadz Zaidul Akbar, karena menyikapi fenomena yang sedang ramai terjadi. Yakni polusi dan berbagai masalah kesehatan lainnya. ‘’Kita untuk menjaga supaya tubuh kita lebih fit saja gitu biar kita bisa menjaga keseimbangan. Temanya hari ini menjaga pola hidup sehat sejak dini.” ujarnya.
Euis mengharapkan jamaah yang mengikuti kajian mendapatkan materi-materi baru setelah seputar kesehatan. “Kita bisa saling bertukar pikiran dengan Ustadz jadi bisa mengambil hal-hal positifnya dalam kehidupan sehari-hari. Terutama untuk kita bisa ngasih makan kepada keluarga kita yang bergizi, yang sehat-sehat dimulai dari sekarang.” ujar Euis.

WhatsApp Image 2023 09 20 at 14.02.08 Meneladani Hidup Sehat Rasulullah
Dalam persiapan kegiatan, Euis mengungkapkan tidak ada kendala. “Kalau kendala sih, Sejauh ini sih, Alhamdulillah nggak ada karena kami timnya sudah terbiasa juga. Jadi Insya Allah kita saling support dari tim juga. Dari tim SMK, kita selalu minta bantuan tiap bulannya untuk meliput kajian ini. Jadi Insya Allah semoga sih enggak ada kendala sih.” ucap Euis.
Pemateri kajian parenting “Membiasakan Hidup Sehat Sejak Dini” yakni Ustadz Zaidul Akbar bersyukur dapat diberi kesempatan untuk mengisi materi dan kegiatan kajian dapat terlaksana dengan baik. “Alhamdulillah, Allah berikan hidayah taufiq untuk kita belajar tentang kesehatan, khususnya berkaitan dengan bagaimana Al-Qur’an mengajarkan kesehatan,’’ katanya.

Dia menambahkan, Rasulullah mengajarkan kesehatan dan itu menjadi teladan dan sebaik-baik ilmu yang diamalkan. Artinya, perilaku yang diamalkan Rasulullah diyakini bisa memberi manfaat kebaikan. ‘’Misalnya cara tidurnya Rasulullah, makannya nabi, cara berinteraksi nabi ya semua kita contoh sajalah dan itulah sebaik baiknya contoh nabi suasana seperti itu.” ujarnya.
Ustadz Zaidul Akbar berharap bahwa mereka yang mengunjungi kajiannya memperoleh kesehatan. “Mudah-mudahan dari kajian ini banyak lebih sehat, banyak lebih baik kehidupan kesehatannya. Yang sehat makin sehat, yang sakit disembuhkan sakitnya. Allah berikan hidayah taufiq untuk menjaga kesehatan.” imbuhnya.
Lili Syarifah, salah seorang pengunjung kajian tersebut mengaku kajian itu menambah ilmu, menguatkan silaturahmi, serta menambah wawasan keagamaan. “Pertama untuk menambah ilmu. Yang kedua, silaturahmi. Yang ketiga memang untuk yang menambah wawasan keagamaan ya. Apalagi materi yang diberikan oleh dr. Zaidul Akbar.” ungkap Lili.
Lili mengapresiasi rekomendasi Ustadz Zaidul Akbar tentang terapi kesehatan yang mayoritas menggunakan bahan-bahan alami tetap sesuai syariat islam. “Lumayan mendekati alam gitu loh, jadi kita butuh untuk terapi tubuh kita agar sehat sesuai dengan syariat islam saja.” ucap Lili. (zky/rim)

Leave a Response