Berita Kini

Presiden Jokowi: Status Endemi Covid-19 Belum Matang

WhatsApp Image 2023 06 14 at 1.14.40 PM Presiden Jokowi: Status Endemi Covid-19 Belum Matang
FOTO: IST KAJIAN DALAM: Presiden Joko Widodo dalam satu kesempatan
171views

Voksil.com, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan Indonesia memasuki fase endemi Covid-19. Ia berkata pencabutan status pandemi akan dilakukan secepatnya. Meski demikian, kata Jokowi, masih ada sejumlah kajian yang harus dilakukan.

”Kita kemarin rapat dan sudah kita putuskan untuk masuk ke endemi, tetapi kapan diumumkan baru dimatangkan dalam seminggu-dua minggu,” kata Jokowi di Kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Jakarta Timur, Rabu (14/6).

Menurut Jokowi, perlu ada perincian mengenai jumlah kasus aktif Covid-19. Ia pun menekankan jumlah vaksinasi yang sudah dicapai. Jokowi belum memastikan kapan pengumuman akan dibuat. Namun, ia memastikan akan ada keputusan secepatnya. ”Ini dimatangkanlah seminggu-dua minggu ini segera diumumkan karena memang sudah semuanya sudah. Insyaallah akhir bulan ini,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah menggelar rapat untuk mempertimbangkan status pandemi Covid-19. Rapat itu digelar di istana san dihadiri sejumlah menteri. Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah sudah mengevaluasi sejumlah hal terkait pandemi. Keputusan akhir ada di tangan Jokowi.

Indonesia telah mengalami pandemi Covid-19 sejak Maret 2020. Kala itu, Indonesia menemukan dua kasus Covid-19 di Jakarta. Setelah penemuan kasus itu, sejumlah pembatasan sosial diberlakukan. Penerapan pembatasa ini berlangsung dua tahun lebih. Jokowi baru mencabut pembatasan sosial pada Desember 2022. Saat ini, status pandemi Covid-19 masih berlaku di Indonesia, tetapi pembatasan sosial sudah dilonggarkan. (cnni/mmr)

Leave a Response