Berita Kini

Sekolah Vokasi Undip Resmikan Teaching Industry

Sekolah Vokasi
FOTO: DOK/Sekolah Vokasi Undip SEREMONIAL: Penandatangan prasasti oleh Wakil Rektor IV Undip Prof Dr Ir Ambariyanto MSc di dampingi Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Dr Ir Budiyono MSi, dan tamu undangan lain.
84views

voksil.com. Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang merayakan puncak rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-6. Kegiatan yang mengusung tema Bangkit Bersama Vokasi menuju Indonesia Emas 2045 itu ditandai dengan peresmian beberapa teaching industry di sekolah.

Sekolah Vokasi Undip berkomitmen untuk mewujudkan pendidikan tinggi terapan yang unggul melalui penguatan teaching industry, sehingga mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa agar menjadi lulusan yang siap kerja.

Beberapa teaching industry di lingkungan Sekolah Vokasi Undip tersebut, yakni Contact Center (Digital Customer Service), Digital Engineering Operation Project (DENOP), BioDiesel Plant, Water Treatment Plant, Building Information Modelling (BIM), Digital Library, Innovation Business Center (IBC), Vocational Language Center, dan Pusat Unggulan Teknologi.

”Kami berupaya melakukan perbaikan mutu pendidikan tinggi vokasi melalui penguatan teaching industry dan penerapan digitalisasi dalam semua aspek untuk mendukung praktik mahasiswa,” terang Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si pada Minggu (24/10/2022).

Prof. Budiyono yang juga merupakan Guru Besar Teknik Kimia Undip tersebut mencontohkan, Contact Center adalah salah satu teaching industry yang memberikan pengalaman praktik kepada mahasiswa Sekolah Vokasi untuk mewujudkan pelayanan prima kepada stakeholders melalui keterampilan berkomunikasi yang baik.

Selain itu, BIM Center sebagai salah satu Pusat Unggulan Teknologi Sekolah Vokasi Undip yang bermitra dengan PT Waskita Karya membuka kesempatan praktik magang bagi mahasiswa Sekolah Vokasi untuk mengerjakan proyek di bidang konstruksi dan arsitektur dengan didampingi oleh dosen yang berpengalaman.

Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc., selaku Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Undip menyampaikan agar mahasiswa diberikan kesempatan untuk terlibat dalam proyek riil, terutama pada perencanaan konstruksi.

”Sekolah Vokasi Undip harus mampu meningkatkan dan mengembangkan kapasitasnya agar mampu meluluskan sarjana terapan ahli madya yang berkompeten dan ahli di bidangnya serta produktif sehingga memiliki daya saing,” harap Prof. Ambariyanto saat memberikan sambutan.

Perayaan Dies Natalis ke-6 Sekolah Vokasi Undip kali ini bertujuan untuk memperkuat harmoni antara civitas akademika Sekolah Vokasi Undip dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta alumni. (tbs/mmr)

Leave a Response