Pendidikan

Siswa Avsec Simulasi Tangani Gangguan di Bandara

Avsec
FOTO: dirgantara.sch.id AKSI CEPAT: Para peserta didik SMK Dirgantara Putra Bangsa Blunyah Gede, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jogja praktik pemadaman kebakaran pada Jumat (14/10/2022).
76views

Voksil.com, JOGJA-Sekolah kejuruan di bidang kedirgantaraan menjadi salah satu pilihan favorit. Tidak banyak sekolah vokasi yang menawarkan bidang tersebut. Sebut saja salah satunya, SMK Dirgantara Putra Bangsa, Kabupaten Sleman, Jogjakarta.

Mereka terus meningkatkan keterampilan peserta didiknya dengan bidang-bidang kerja yang selaras dengan dunia kerja dan industri kedirgantaraan. Seperti praktik pemadaman kebakaran. Mereka mendatangkan personel pemadam dari Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman dan tim penyuluh.

Praktik tersebut merupakan bagian dari teori Emergency And Fire Prevention atau mata pelajaran Aviation Security (AVSEC). Sehingga siswa dapat mengenal, menggunakan alat sederhana, tabung apar, sampai pengoperasian mobil damkar.

Kegiatan yang diikuti 114 siswa tersebut dipusatkan di Kampus SMK Dirgantara Putra Bangsa Blunyah Gede, Sinduadi, Mlati, Sleman Jogja pada Jumat (14/10). Kepala Seksi Pencegahan Kebakaran Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman Suwandi hadir untuk memantau pelaksanaan simulasi tersebut.

Kepala SMK Dirgantara Putra Bangsa Nadjmuddin mengatakan, Avsec merupakan petugas keamanan penerbangan yang diberi tanggung jawab dalam keamanan dan keselamatan penerbangan. ”Termasuk perlindungan terhadap awak maskapai, penumpang, masyarakat serta instansi yang ada di bandara dari tindak melawan hukum,” terang Nadjmuddin.

Tugas utama AVSEC telah diatur dalam SK Dirjen Perhubungan Udara No. SKEP/40/II/1995 Jutlak Keputusan Menteri Perhubungan No.14 Tahun 1989 tentang penertiban penumpang, barang dan cargo udara sipil. Petugas pengaman (AVSEC) wajib memiliki lisensi / Surat Tanda Kecakapan Petugas (STKP).

Oleh karena itu, kata Nadjmuddin, peserta didik SMK Dirgantara Putra Bangsa harus menguasai syarat mendasar dari dunia kerja. Mereka juga harus memiliki fisik yang sehat, prima, peka, dan responsif. (Krjogja.com/mmr)

Leave a Response